Free Hit Counter
Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat
Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat-news.detik.com

Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat

Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Gianyar, Bali, pada hari ini. Guncangan tersebut tidak hanya dirasakan di Bali, tetapi juga hingga Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Gempa yang terjadi pada pagi hari itu membuat panik sejumlah warga, meskipun tidak dilaporkan adanya kerusakan signifikan atau korban jiwa sejauh ini.

 

Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat
Gempa M 4,9 Guncang Gianyar Bali, Dirasakan hingga Lombok Barat-news.detik.com

 

Detail Gempa

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 07.18 WITA dengan pusat gempa berada di kedalaman 10 km di bawah permukaan laut. Lokasi pusat gempa terletak di laut, sekitar 40 km tenggara Gianyar, Bali. Gempa ini tergolong dangkal, sehingga guncangannya cukup terasa di sejumlah wilayah.

Beberapa warga di Gianyar melaporkan bahwa getaran terasa cukup kuat, namun berlangsung singkat. “Saya sedang berada di rumah ketika tiba-tiba terasa guncangan kuat selama beberapa detik. Barang-barang di rumah bergetar, tapi tidak ada yang jatuh atau rusak,” ujar seorang warga Gianyar.

Selain Gianyar, guncangan gempa juga dirasakan di beberapa wilayah lain di Bali, seperti Denpasar, Badung, dan Bangli. Bahkan, getarannya terasa hingga Lombok Barat, NTB. Warga di kawasan tersebut melaporkan getaran yang cukup ringan namun membuat mereka terkejut.

Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Meskipun pusat gempa berada di laut, kekuatan dan kedalamannya tidak cukup untuk memicu gelombang tsunami. “Gempa ini tidak menimbulkan tsunami, tetapi masyarakat diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan,” jelas BMKG dalam rilis resminya.

Meski demikian, masyarakat Bali dan Lombok diimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan instruksi dari pihak berwenang terkait potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA  Batalnya Komika Marshel Widianto Maju pada Pilkada Tangsel, Tidak Kecewa dan Nyatakan Dukung Davnie-Pilar

Kesiapan Masyarakat Terhadap Gempa

Kawasan Bali dan Lombok memang dikenal rawan gempa karena berada di wilayah cincin api Pasifik (Ring of Fire), yang aktif secara tektonik. Oleh karena itu, kesiapsiagaan masyarakat terhadap gempa bumi selalu menjadi prioritas pemerintah daerah dan lembaga-lembaga terkait.

Pemerintah setempat secara rutin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi gempa bumi, seperti mencari perlindungan di tempat yang aman, menjauhi bangunan atau pohon tinggi, serta mengikuti prosedur evakuasi yang telah ditetapkan.

Tidak Ada Kerusakan Signifikan

Hingga saat ini, belum ada laporan tentang kerusakan besar akibat gempa ini. Beberapa bangunan di sekitar Gianyar dilaporkan mengalami getaran ringan, namun tidak ada kerusakan struktural yang dilaporkan. Pihak berwenang juga telah mengirim tim untuk memantau kondisi di lapangan dan memastikan tidak ada korban jiwa atau cedera.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada laporan tentang kerusakan bangunan atau korban jiwa. Kami masih terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keselamatan warga,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar.

Kesimpulan

Gempa berkekuatan 4,9 yang mengguncang Gianyar, Bali, pagi ini sempat membuat warga panik, namun tidak menimbulkan kerusakan yang berarti. Guncangan gempa dirasakan hingga Lombok Barat, NTB, namun BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, masyarakat tetap diimbau untuk waspada terhadap gempa susulan. Pemerintah daerah dan BPBD terus memantau situasi untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga di wilayah terdampak.