Free Hit Counter
Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia
Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia-www.cnnindonesia.com

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jakarta, 24 Juli 2024 – Kabar duka menyelimuti Indonesia. Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, Hamzah Haz, meninggal dunia pada hari ini di usia 83 tahun. Hamzah Haz yang dikenal sebagai politisi ulung dan pemimpin yang bijaksana, tutup usia setelah mengalami sakit yang cukup lama.

 

Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia
Wapres Ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia-www.cnnindonesia.com

 

Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940. Sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau memulai karir politiknya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tahun 1971. Keaktifannya di dunia politik semakin menonjol saat beliau terpilih sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 1998. Karir politiknya mencapai puncak ketika ia diangkat sebagai Wakil Presiden Indonesia mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001 hingga 2004.

Sebagai Wakil Presiden, Hamzah Haz dikenal karena upayanya dalam memperjuangkan stabilitas politik dan ekonomi Indonesia pasca krisis moneter 1998. Ia juga berperan penting dalam menggalang persatuan di antara berbagai elemen masyarakat yang berbeda, terutama melalui perannya di partai politik berbasis Islam, PPP. Kepemimpinannya yang tenang dan bijaksana turut membantu Indonesia melewati masa-masa sulit.

Selain berkarir di dunia politik, Hamzah Haz juga dikenal sebagai sosok yang religius dan dekat dengan masyarakat. Beliau kerap terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan keagamaan, serta aktif dalam menyuarakan pentingnya toleransi dan persatuan di tengah keragaman bangsa Indonesia.

Berita meninggalnya Hamzah Haz tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, kerabat, dan seluruh rakyat Indonesia. Banyak pihak menyampaikan belasungkawa dan mengenang jasa-jasa beliau dalam membangun bangsa. Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka citanya dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan almarhum.

BACA JUGA  KPU: Revisi PKPU Syarat Pencalonan Akan Terbit Sebelum 27 Agustus

“Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Semoga almarhum Hamzah Haz mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Jasa dan dedikasinya bagi bangsa ini tidak akan pernah kami lupakan,” ujar Presiden Joko Widodo.

Upacara penghormatan terakhir akan diadakan di rumah duka di Jakarta, diikuti dengan pemakaman yang akan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Semoga Hamzah Haz dapat beristirahat dalam damai dan segala amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Selamat jalan, Hamzah Haz. Jasa dan pengabdianmu akan selalu dikenang oleh bangsa ini.