Free Hit Counter
Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - TribunLiputan
Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - Source Image Freepik

Makanan khas singapura paling digemari orang Indonesia

Makanan khas singapura paling digemari orang Indonesia

Ketika anda sedang berniat untuk datang mengunjungi negara kepala singa untuk pertamakalinya, mungkin dibenak anda pasti akan galau Ketika untuk membayangkan urusan makanan. Bisa jadi anda akan mempertanyakan dalam mendapatkan makanan khas singapura ini yang bisa anda santap Bersama keluarga. Atau bisa jadi anda akan mempertanyakan perihal ke halalan dari sebuah makanan singapura ini. Selain itu anda mungkin akan mempertanyakan untuk hal rasa makanan khas singapura ini cocok dengan lidah anda yang notabene terbiasa dengan makanan khas Indonesia.
Ya , disini anda tidak salah sih, karena setiap orang memiliki ciri rasa khas lidah masing-masing. Untuk anda orang Jawa mungkin akan berasa asing dalam menikmati makanan khas Singapura ini, akan tetapi untuk anda yang orang Sumatera terutama Riau, maupun Sumatera Barat, mungkin tidak terlalu asing dalam merasakan makanan Singapura. Baiklah mungkin kami akan menyajikan beberapa makanan Singapore yang bisa anda jadikan acuan sebagai referensi hidangan makan anda, agar anda tidak terlalu kagok atau kaget setelah anda mengunjungi negara Kepala Singa ini.

Untuk makanan khas singapura yang pertama adalah :

1. Laksa

Laksa adalah salah satu pajangan utama rasa dan bahan Cina dan Malaysia dalam satu mangkuk. Mie, sering kali bihun, merupakan bahan dasar dan tepung untuk semangkuk laksa, diikuti dengan kaldu atau kari, dan beberapa protein, seringkali sayuran dan rempah-rempah.

Ada banyak jenis laksa, ada yang diperkaya dengan santan dan ada juga yang mengandung air. Laksa sangat populer di seluruh Semenanjung Malaya, dan di Singapura ada banyak restoran Laksa yang sangat populer.

Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia Laksa - TribunLiputan
Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia Laksa – Source Image by Freepik

Sungei Laksa .Jalan

Dalam daftar warung jajanan tradisional di Singapura, Sungei Road Laksa populer di kalangan pecinta laksa dan mendapat cerita menarik di baliknya serta resep dari pelanggannya yang kemudian sirna. Ada jalan. Kios makanan juga telah menyajikan laksa selama beberapa dekade – kari dimasak dalam panci kari aluminium di atas bara. Pada jam sibuk, jalur Sungay Road Laksa dapat melewati food court, tetapi untungnya hanya menyajikan satu hidangan tanpa variasi, sehingga antrean berjalan sangat cepat.

Mie beras dipotong-potong seukuran gigitan dan karinya kental dari santan, tapi bumbunya sangat ringan. Terakhir, di atas laksa ada segenggam kulit bahtera yang dimasak sebentar, taburan daun ketumbar Vietnam cincang, dan beberapa saus sambal di sampingnya. Saya menikmati Laksa di Sungei Road dan itu sangat ringan seperti sup siput.

Alamat: 27 Jalan Perse
Jam Buka: Kamis – Selasa 09:30 – 17:00 (Tutup pada hari Rabu)
Harga: $3 per hidangan mewah
Petunjuk arah: Berjalan kaki dari stasiun MRT Bugis atau Lavender di bawah kompleks dekat Jalan Berserh.

2. Bak Kut Teh

Bak kut the merupakan salah satu makanan khas Singapura, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi teh tulang babi, adalah hidangan populer asal Cina di Malaysia dan Singapura. Anda mungkin berpikir bahwa daging babi direbus dengan teh, tetapi sebenarnya teh tidak termasuk dalam resepnya, tetapi menurut Wikipedia, teh kental diambil dengan sup babi untuk menghilangkan lemak, itulah sebabnya ia mendapatkan namanya.
Perlu anda ketahui bagi anda yang beragama Islam / muslim, menu ini tidak di bolehkan untuk anda konsumsi , karena ini termasuk makanan HARAM yang tidak di bolehkan di konsumsi bagi penganut Agama Islam / Muslim.

BACA JUGA  Menu buka puasa dan sahur selama 30 hari
Bak Kut Teh Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - TribunLiputan
Bak Kut Teh Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia – Source Image by Freepik

Resep dasar teh tulang sapi adalah merebusnya dalam air dengan lada putih dan banyak bawang putih dan garam sampai tulang babi empuk dan semua rasa cabai dan bawang putih bercampur dengan tulang babi, sup tulang babi yang lezat dan lezat. Pak kut teh bisa dimakan dengan nasi, tapi masakan Cina lainnya seperti sawi hijau dan tahu rebus juga populer. Dan tentu saja, ketika Anda makan pak kut teh, Anda harus mencucinya dengan teh Cina panas.

Taman Outram Taman Outram

Ada beberapa restoran teh tulang daging di Singapura, tetapi karena lokasi dan jam bukanya, saya memutuskan untuk mencoba Outram Park Yahua Rou Gu Cha. Restorannya berada di luar ruangan dan terletak di halaman kompleks. Apa yang saya suka adalah bahwa itu sangat luas.

Saya memesan semangkuk teh tulang rusuk tanpa lemak dan semangkuk sup ginjal, keduanya sangat enak. Sup bak kut teh terasa hambar dan pedas, tidak terlalu panas, tetapi dengan cara yang sangat memuaskan ada sedikit rasa terbakar di tenggorokan. Dagingnya juga empuk dan gurih saat direndam dalam kecap asin yang sedikit kental dengan nasi.

Alamat: 7 Keppel Rd, Komplek PSA Tanjong Pagar, 089053
Jam Buka: Selasa hingga Minggu 7:00 pagi hingga 4:00 pagi (tutup pada hari Senin)
Harga: Iga seharga S$7 per mangkuk dan dua kali makan seharga S$36.
Petunjuk arah: Di sepanjang jalan raya pesisir, naik taksi atau naik MRT ke Tanjung Pajar dalam waktu sekitar 10 menit.

 

3. Hokkien Mee

Selain char kway teow, makanan khas Singapura selanjutnya Hokkien Mee. Hokkien Mee adalah salah satu hidangan jajanan yakisoba paling populer di Singapura. Ini adalah hidangan dengan akar di Provinsi Fujian (tempat kelahiran orang Huklu) di Cina, dan saat ini digunakan di Malaysia dan Singapura.

Hokkien mee berisi mie beras kuning dan putih yang digoreng dalam wajan dengan telur, seringkali makanan laut (biasanya cumi dan udang) dan tauge. Tergantung pada pembuat roti, persiapannya mungkin sedikit berbeda, beberapa untuk mengeringkan tumis dan yang lainnya untuk membuat saus saus. Hokkien mee biasanya dijus dengan sambal cabai dan saus calamansi untuk menambah rasa asam sitrus.

Hokkien Mee Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - TribunLiputan
Hokkien Mee Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia – Source Image by Freepik

Fukuken Nansei Goreng

Salah satu legenda jajanan Singapura di sekitar Hokkien Mee adalah Namsin Fried Hokkien Mee di food hub Old Airport Road. Melihat mie matang, campuran mie dan bahan dimasak dalam jumlah besar di wajan besar, kadang-kadang ditumis, lalu di atasnya diletakkan tutup kayu besar, jadi kedua mie digoreng. Dan goreng makanan di atas uap secara bersamaan.

BACA JUGA  Menu Buka Puasa yang banyak diminati - Enak dan Menyehatkan

Tidak seperti kecap, menurut saya mie memiliki rasa asin. Yang paling saya suka dari Hokkien mee adalah rasa mie goreng dan mie kuahnya. Pasta tidak mengering karena sangat cheesy dan memiliki banyak sup yang enak. Juga, ketika Anda makan Hokkien Mee, Calamansi membuat perbedaan besar, membedakan mie asin dengan rasa jeruk sitrus, dan menyegarkan seluruh hidangan. Mereka terlihat seperti mie besar, tetapi ketika Anda mulai makan, hidangannya akan habis tanpa Anda sadari.

Alamat: Pusat Makanan Bandara Lama, Jalan Bandara Lama 51
Jam buka: Selasa hingga Minggu 10:30 hingga 15:00 (tutup pada hari Senin)
Harga: SGD 4 per hidangan
Petunjuk arah: Pusat makanan terletak di dekat stasiun kereta bawah tanah Dakota

4. Nasi ayam

Makanan singapura selanjutnya adalah Nasi Ayam. Dimana nashi ini berupa Campuran sederhana dari ayam rebus, nasi dan saus yang lezat, hidangan yang dipengaruhi Hainan ini telah dinilai sebagai salah satu hidangan Singapura yang paling populer dan dicintai dan juga sangat populer di Thailand dan dikenal sebagai Khao Man Gai.

Saya pikir semua orang di Singapura memiliki versi favorit mereka, restoran favorit dan kios jajanan mereka. Masing-masing tergantung pada rasa dan tekstur ayam, rasa dan kegemukan nasi, dan tentu saja gaya yang berbeda. Sausnya – ada yang pedas, ada yang jahe dan ada yang asin.

Kalau soal nasi ayam buat saya, saya suka nasi ayam yang tidak terlalu berminyak. Saya suka ayam yang tidak terlalu empuk, namun tetap memiliki tekstur tertentu. Untuk sausnya, saya agak kecanduan cabai dan jahe, jadi semakin banyak panas dan jahe yang bisa saya tambahkan ke nasi ayam, saya akan semakin bahagia.

Tian Tian Chicken Rice Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - TribunLiputan
Tian Tian Chicken Rice Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia – Source Image by freepik

Tian Tian Chicken Rice (Nasi Ayam Tian Tian)

Tian Tian Rice mungkin adalah salah satu kios jajanan paling terkenal di Singapura yang menyediakan makanan khas Singapura, yang dikenal baik oleh penduduk lokal maupun turis. Saya pikir ini adalah tujuan wisata untuk makan nasi ayam, tetapi Dr. Leslie Tay dari I Eat I Shoot I Post menyelidiki warung jajanan terbaik untuk nasi ayam. Tien masih menang – sehingga dicintai oleh banyak penduduk setempat. Ini adalah stan yang juga dipuji oleh Anthony Bourdain, yang menyatakan bahwa aroma cedar sangat lezat.

Saya berpikir bahwa ayam itu sedikit berminyak dan sangat lembut secara keseluruhan. Saya suka tekstur ayamnya sedikit. Namun, nasinya pasti hambar, sup ayam bawang putih, harum dan lengket, hampir mendekati titik gui rumai (nasi kukus dengan daun teratai di dim sum). Sausnya enak dan pure jahenya terasa enak.

Alamat: Maxwell Food Centre, 1 Kadayanallur St
Jam Buka: 11:00 hingga 20:00 (Tutup pada hari Senin)
Harga: Saya punya ayam seharga S$12 tetapi Anda bisa mendapatkan nasi ayam dengan harga jauh lebih murah
Petunjuk arah: Cara termudah adalah naik subway ke Chinatown dan berjalan kaki ke Maxwell Food Centre.

Nasi Ayam Hup Hong

Berlokasi di Pasar & Pusat Makanan Desa Yuhua, tempat ini terkenal di kawasan sekitar karena makanan Singapore yang berupa nasi ayam bakar. Ayam Bakanya memiliki tekstur halus yang kuat dan sausnya enak dengan bawang putih. Terima kasih Daniel untuk membawa saya ke sini.

BACA JUGA  Menu Buka Puasa yang banyak diminati - Enak dan Menyehatkan

Alamat: Pasar & Pusat Makanan Desa Yuhua, 254 Jurong East Street 24
Jam buka: pagi
Harga: S$3 per piring nasi ayam dengan mangkuk ekstra
Petunjuk arah: Sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Chinese Garden

Yet Con.

Yet Con adalah restoran nasi ayam Hainan kuno yang menyajikan ayam rebus yang lezat dengan pure jahe dan saus pedas pedas. Ini mungkin ayam rebus terbaik yang pernah saya makan di Singapura, sederhana, tidak terlalu empuk, tidak berminyak, dan rasanya enak. Kami hanya punya nasi ayam, tapi sepertinya kami juga menyajikan hidangan Hainan lainnya yang mirip dengan tempat yang saya suka di Penang.

Alamat: 25 Purvis Street, Singapura
Jam buka: setiap hari dari jam 11 pagi hingga 21:30 malam
Harga: ayam seharga S$18
Cara menuju lokasi: Berjalan kaki mudah dari MRT City Hall atau Stasiun Bugis

5. Char kway teow

Makanan Khas Singapore selanjutnya adalah mie goreng Singapura, yang paling populer secara lokal adalah char koi tau, semangkuk mie beras lebar, mie goreng, kecap kental, terasi, sedikit cabai, dan sering dilakukan.

Tumis char kway teow membutuhkan sedikit keterampilan… Saya menggoreng mie ketan yang besar, tetapi pada akhirnya ternyata menjadi bongkahan yang lengket. Jadi, keterampilan wajan dan panas, dan zat yang bisa menggoreng hidangan char kway teow yang enak.

Saya sendiri bukan penggemar berat Char kway teow. Alasan utamanya adalah char kway teow sedikit manis bagi saya, tidak pedas dan teksturnya sangat lembut (secara umum, saya pikir saya suka Hokkien mee sebagai pilihan mie saya). Namun, char kway teow adalah salah satu jajanan kaki lima standar dan favorit yang tersedia di Singapura.

Char kway teow Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia - TribunLiputan
Char kway teow Makanan khas Singapura paling digemari orang Indonesia – Source Image by Freepik

Hill Street Sharkway Theo

Char kway teow dapat ditemukan di banyak pusat jajanan di seluruh Singapura, tetapi banyak pecinta kuliner utama, termasuk Dr. Leslie Tay, sangat merekomendasikan Hill Street Char Kway teow sebagai salah satu restoran terbaik di kota. .. di sana.

Terletak di food court yang berdekatan dikelilingi oleh beberapa apartemen besar, food court ini bagus, nyaman, ramah dan sangat populer saat makan siang. Saya bergabung dengan parade makan siang reguler dan meskipun ada sekitar 20 orang di depan saya, sepiring char kway teow tiba dalam waktu sekitar 15 menit.

Pastanya lengket, lembab dan lengket, tapi taugenya renyah dan berair. Mienya adalah campuran terasi yang sedikit beraroma dan kecap yang kuat, yang sedikit manis (khas kway teow char) dan sekaligus asin. Sekali lagi, saya bukan penggemar berat char kway teow, tapi sangat bagus jika Anda menikmati char kway teow.

Alamat: #01-41,16 Jalan Bedok Selatan
Jam Buka: Selasa hingga Minggu 10:30-17:30 (tutup pada hari Senin)
Harga: piring adalah $4
Petunjuk arah: Terletak di Pasar Selatan Bedok dan Pusat Makanan, sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Bedok.

Baiklah dari sekian banyak makanan khas Singapura diatas, mungkin bisa anda jadikan referensi anda dalam memilihi menu makanan Singapore untuk memenuhi selera lidah anda. Sebenarnya ada beberapa lagi yang bisa kami ulas mengenai makanan Singapura ini, mungkin jika kami ada waktu, akan kami sajikan Kembali ulasan makanan khas Singapura ini untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.