Free Hit Counter
Keperluan Kalori per Hari untuk Diet - TribunLiputan
Keperluan Kalori per Hari untuk Diet - Source Image by Freepik

Berapakah Keperluan Kalori per Hari untuk Diet? Kenali Jawabnya

Berapakah Keperluan Kalori per Hari untuk Diet? Kenali Jawabnya

Dalam turunkan berat tubuh, biasanya seorang harus kurangi 500 kalori tiap hari. Tetapi, keperluan kalori per hari untuk diet juga sebenarnya berlainan di antara pria dan wanita. Lalu, berapakah yang perlu disanggupi?

Saat melakukan diet, seorang kadang memotong habis-habisan jumlah kalori yang diperlukan supaya berat tubuh dapat turun dengan cepat. Meskipun begitu, kurangi kalori terlalu berlebih bukan langkah yang pas untuk turunkan berat tubuh. Ini justru dapat mengakibatkan rasa lapar yang susah tertahan dan mengusik performa badan. Maka dari itu, penyukupan kebutuhan kalori per hari untuk diet harus disamakan supaya pengurangan berat tubuh bisa jalan dengan efektif.

Jumlah kalori yang diperlukan saat diet

Berapakah kalori yang diperlukan untuk diet? Pada umumnya, wanita membutuhkan sekitaran 2.000 kalori per hari untuk menjaga berat tubuhnya. Untuk turunkan sekitaran 0,5 kg berat tubuh dalam satu minggu, seorang wanita harus turunkan konsumsi kalori per harinya jadi 1.500 kalori. Di lain sisi, rerata pria memerlukan 2.500 kalori per hari untuk menjaga berat tubuh. Sementara untuk turunkan sekitaran 0,5 kg per minggu, keperluan kalori per hari untuk diet harus dipotong jadi 2.000 kalori saja untuk pria. Dasar di atas tergantung pada banyak factor, dimulai dari umur, tinggi tubuh, berat tubuh, tingkat kegiatan, kesehatan yang lain, dan metabolisme.

BACA JUGA  Cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu secara alami tanpa olahraga
Berapakah Kalori per Hari untuk Diet - TribunLiputan
Berapakah Kalori per Hari untuk Diet – Source Image by freepik

Langkah hitung kalori minus untuk diet

Sebetulnya, hitung kalori untuk diet cukup sederhana. Jika Anda konsumsi semakin banyak kalori dibanding kalori yang dibakar sehari-harinya, berat tubuh Anda anak naik.

Kebalikannya, jika Ada konsumsi semakin sedikit kalori dan membakar semakin banyak kalori lewat kegiatan fisik, berat tubuh juga dapat turun.Anda bisa hitung kalori makanan dengan beragam program yang ada.

Anda cukup masukkan nama minuman atau makanan yang dimakan untuk seterusnya ketahui jumlah kalori yang ada di menu tersebut.Untuk hitung jumlah kalori minimum yang diperlukan badan sehari-harinya (BMR), Anda dapat hitungnya sendiri dengan manual dengan memperhatikan tipe kelamin, berat tubuh, tinggi tubuh, umur, dan kegiatan fisik harian.Berikut langkah hitung keperluan kalori harian:

• Untuk lelaki. BMR = 66 + (13,7 x berat tubuh dalam kg) + (5 x tinggi tubuh dalam cm) – (6,8 x umur)
• Untuk wanita. BMR = 655 + (9,6 x berat tubuh dalam kg) + (1.8 x tinggi tubuh dalam cm) – (4.7 x umur)

Dampak turunkan konsumsi kalori per hari untuk diet

Kemauan untuk turunkan berat tubuh secara cepat, dapat membuat seorang turunkan konsumsi kalorinya jauh dari yang direferensikan. Beberapa orang bahkan juga kurangi konsumsi kalorinya sampai 800 kalori per hari saja atau bahkan juga semakin sedikit lagi.

Diet di atas umumnya tidak memberikan hasil pengurangan berat tubuh yang tetap dan mempunyai potensi menghancurkan kesehatan secara kesemuaan. Proses metabolisme yang lamban karena diet rendah kalori bisa juga menghalangi tingkat pengurangan berat tubuh.

Keadaan ini tempatkan badan pada model kelaparan hingga Anda lebih rawan untuk makan lebih banyak.Tidak itu saja, diet ini dapat juga mempengaruhi tingkat energi Anda. Saat Anda makan terlampau sedikit, badan automatis semakin lebih lemas dan pengurangan berat tubuh jadi terhambat.
Pada kasus yang kronis, Anda kemungkinan kehilangan banyak gizi penting yang dapat mencelakakan kesehatan.

BACA JUGA  Keistimewaan anak lahir di bulan Ramadhan

Langkah kurangi kalori per hari untuk diet

Kalori diperlukan badan untuk sumber energi untuk lakukan kegiatan. Oleh karenanya, keperluan kalori juga tetap harus disanggupi walau Anda sedang diet.

Diambil dari Mayo Clinic adapun langkah sehat kurangi kalori per hari untuk diet ialah:

1. Kurangi jatah makan

Anda dapat lakukan kalori minus dengan kurangi jatah makan, kurangi rutinitas ngemil, sampai pilih makanan rendah kalori untuk dimakan.

2. Masih tetap aktif bergerak

Jumlah kalori yang diperlukan badan tiap hari tergantung di tingkat kegiatan yang dilaksanakan. Maka Anda dapat menyamakan jumlah kalori pada tubuh, hingga jumlah kalori yang dibakar dapat besar dibanding jumlah kalori yang dimakan.

3. Konsumsi semakin banyak protein

Langkah Menambah protein ke diet jadi langkah yang gampang dan efisien untuk turunkan berat tubuh. Sebuah study memperlihatkan jika protein sanggup kurangi selera makan dan tingkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Badan memerlukan banyak energi untuk metabolisme protein hingga tingkatkan kalori yang dibakar sampai 80-100 kalori per hari. Hati kenyang yang diakibatkannya bisa juga membuat Anda konsumsi semakin sedikit kalori per hari.

4. Menghindar minuman manis

Minuman manis, seperti minuman bersoda, minuman enteng, juice buah, susu coklat, dan minuman lain plus tambahan gula, menjadi satu diantara factor peningkatan berat resiko kegemukan dan tubuh. Kalori cair dari minuman itu membuat otak susah mengetahui jika telah banyak kalori yang masuk ke badan hingga membuat Anda masih tetap berasa lapar.

5. Kurangi konsumsi karbohidrat

Kurangi konsumsi karbohidrat membuat Anda secara automatis konsumsi semakin sedikit kalori. Disamping itu, selera makan condong turun hingga pengurangan berat tubuh lebih rawan terjadi. Sebuah riset bahkan juga memperlihatkan jika konsumsi konsumsi karbohidrat dapat turunkan berat tubuh 2-3 kali semakin banyak dibanding diet rendah lemak.

BACA JUGA  Sunscreen Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

6. Minum air putih semakin banyak

Minum semakin banyak air putih dapat tingkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sampai 90 menit. Minumlah sekitaran
8 gelas air tiap hari karena sanggup membakar sekitaran 96 kalori lebih banyak. Minum air putih saat sebelum makan dapat menolong kurangi rasa lapar.

7. Kerjakan diet dan olahraga

Olahraga tentu saja baik untuk badan dan bisa menolong Anda membakar semakin banyak kalori. Walau demikian, jika Anda telah kurangi konsumsi kalori, olahraga terlalu berlebih dapat menambahkan rasa lapar.

Oleh karenanya, daripada olahraga terlalu berlebih, lebih bagus Anda lakukan olahraga enteng secara teratur. Kombinasi diet dan olahraga tentunya dengan menghitung jumlah asupan kalori per hari untuk diet akan menjadi sistem diet membakar kalori yang ampuh. Minus kalori semakin lebih banyak saat beraktivitas yang lebih berat.

Misalkan, jalan 60 menit bisa membakar 250 kalori dan jika ditambah lagi diet, karena itu Anda telah kurangi sekitar 25 kalori kembali, hingga minus kalori yang sudah dilakukan telah sekitar 500 kalori. Konsultasikan pada dokter atau pakar nutrisi untuk ketahui berapakah kalori yang Anda perlukan tiap hari.

Bersama dengan pakar nutrisi, Anda bisa juga membuat gagasan diet yang efektif.Melakukan beragam langkah di atas memungkinkannya Anda kurangi kalori dengan tepat. Hingga, usaha turunkan berat tubuh Anda juga jadi lebih efektif.

Semoga dengan adanya ulasan tentang konsumsi jumlah kalori per hari untuk diet diatas dapat mencerahkan anda. Semoga bermanfaat, terimakasih