Free Hit Counter
Cara Penggunaan Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP - TribunLiputan
Cara Penggunaan Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP - Source Image by MobileAppDaily

Cara menggunakan Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP

Cara menggunakan Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP

Perkembangan teknologi saat ini sangat kompleks. Salah satunya adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor ponsel. Jadi Anda dapat menggunakan akses bantuan online untuk mengetahui di mana teman Anda atau orang yang Anda cari dengan cepat. Lebih canggihnya lagi adalah Smartphone Android yang hilang dapat dilacak menggunakan aplikasi khusus milik Google, dengan beberapa fitur yang tersemat didalam aplikasinya.

Banyak pertanyaan dari banyak orang , apakah bisa melacak lokasi seseorang dengan hanya berbekal nomor ponselnya saja? Untuk menjawabnya , kami akan membahasnya dalam ulasan berikut ini.

Baiklah langsung pada bahasan nya ya, mengenai tentang “aplikasi melacak lokasi pemilik nomor hp ” yang dapat digunakan untuk melacak lokasi teman, pacar, dan kerabat yang hilang dengan nomor ponsel mereka.

Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP - TribunLiputan
Aplikasi melacak lokasi pemilik nomor HP – Source Image by bloggingrepublic

Lacak lokasi ponsel orang tanpa aplikasi.

Pertama, Anda dapat menggunakan situs web populer untuk menemukan alamat seseorang dengan nomor ponsel Anda. Situs Web Pelacakan Nomor Ponsel yang dimaksud adalah Ceebydith.com

Kemudian selanjutnya bukalah browser di smartphone atau laptop Anda. Itu tergantung pada Anda kemudian memilih fitur aplikasi melacak lokasi pemilik nomor hp berbasis HLR, masukkan nomor ponsel Anda di bidang kolom yang telah disediakan pada menu pencarian , lalu kemudian klik tombol cari. Setelah anda lakukan pencarian di menu tersebut, maka akan muncul aplikasi Google Maps yang dapat menunjukkan jenis, kota, dan lokasi operator yang Anda gunakan bersama dengan peta.

BACA JUGA  Temukan solusi cerdas untuk aplikasi cari perangkat saya yang hilang dari Google App

Definisi HLR atau pendaftaran rumah adalah di mana layanan/vendor pertama kali mengeluarkan kartu. Saat menelepon, nomor telepon HLR akan menjadi kota asal kartu kita.

Misalnya, dalam kasus HLR, nomor ponsel sebenarnya ada di Malang. Saat itu saya sedang berada di Jakarta. Namun karena database registrasi SIM yang berada di kabupaten Malang , maka di pencarian akan muncul area Malang.

Lacak lokasi ponsel Anda dengan aplikasi.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan browser dan situs web. Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang digunakan untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor ponsel.

1. Pelacakan Nomor Ponsel menggunakan Aplikasi Media Startup

Aplikasi ini juga menggunakan pelacak nomor ponsel dengan pencarian HLR, dan itu dapat menunjukkan lokasi, nama operator, dan kota dimana asal kartu SIM tersebut terbit.

Dengan aplikasi ini, pengguna cukup memasukkan nomor ponsel kartu SIM yang ingin dilacak lokasinya, dan hasil seperti negara asal kartu, kota, operator, zona waktu, dll. akan dicantumkan nanti.

2. Aplikasi Pencari HLR (App HLR Lookup)

Aplikasi kedua yang direkomendasikan dan populer di Google Play Store adalah nomor telepon HLR Lookup Track. Dimana anda cukup masukkan nomor ponsel GSM Anda di bidang MSISDN dan klik tombol “Cari”.

Pastikan juga smartphone Anda terhubung dengan internet agar hasilnya muncul di layar. Jika nomor ponsel terdaftar di database pencarian HLR, maka lokasi pencarian nomor tersebut akan ditampilkan.

3. Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat langsung digunakan tanpa kita harus registrasi terlebih dahulu. Anda tinggal menunduh aplikasi TrackNoMobile dari google play store untuk mendapatkan lokasi seseorang.

Lacak lokasi orang menggunakan GPS.

Aplikasi cari perangkat saya findMyDevice - TribunLiputan
Aplikasi cari perangkat saya findMyDevice – Source Image by Android Authority

Ini adalah aplikasi yang rekomendasikan dari Google dan juga berbagai pengembang smartphone di seluruh dunia. Misalnya, aplikasi Temukan Perangkat Saya / cari perangkat saya ini memungkinkan Anda menggunakan fitur pelacakan yang ada di dalam ponsel cerdas Anda.

BACA JUGA  Pertanyaan Mayoritas Pelajar "kuota belajar telkomsel untuk aplikasi apa saja ?"

Sekarang, jika ponsel yang ingin Anda lacak memiliki GPS dan fitur lokasi sebelumnya diaktifkan. Maka Anda dapat melacak secara detail keberadaan orang yang membawa ponsel tersebut dengan menggunakan aplikasi melacak lokasi pemilik nomor hp berbasis GPS, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan detail lokasi orang tersebut.

Temukan tips untuk melacak smartphone Android yang hilang/dicuri.

Anda dapat mengunduh Temukan Perangkat Saya dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi dan masuk dengan alamat email yang sama dengan ponsel yang Anda lacak. kemudian ketikkan pada kolom pencarian dan lakukan pencarian aplikasi FindMyDevice.

Anda juga dapat memanfaatkan penggunaan aplikasi ini untuk mengunci ponsel Anda dari jarak jauh dan membuatnya berdering pada volume maksimum. Meskipun awalnya disetel ke mode senyap, Anda juga dapat memformat semua data dari jarak jauh dan khawatir apakah data tersebut berisi informasi sensitif. Sehingga penggunaan fitur-fitur dari aplikasi ini setidaknya dapat mengamankan data didalam ponsel anda tersebut dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan Ulasan

Hampir semua aplikasi melacak lokasi pemilik nomor hp menggunakan metode pencarian HLR, dan banyak tutorial di internet yang memberikan tips tentang cara melacak orang dengan nomor ponsel. Akan tetapi anda jangan berharap lebih untuk mengetahui detail tentang pelacakan yang berdasarkan dengan SIM-card ini, karena pada dasarnya penggunaan SIM-card ini dilindungi oleh undang-undang, sehingga setiap provider wajib untuk merahasiakan privasi dari pelanggannya.

Sehingga untuk akses lebih jauh mengenai keberadaan posisi Sim-Card yang sebenarnya, hanya provider tersebut yang tahu , dan mungkin juga ada wewenang aparat kepolisian jika di inginkan untuk mengusut dari kasus kriminal yang membutuhkan akses posisi Sim-card. Hal ini dilakukan provider agar keamanan, dan kenyamanan dari penggunanya lebih terjamin.

BACA JUGA  Game "Football Manager 2024" Bisa Di-download Gratis Hari Ini, Begini Caranya

Semoga ulasan tentang aplikasi melacak lokasi pemilik nomor hp ini dapat bermanfaat bagi anda yang mungkin sedang galau untuk melacak keberadaan seseorang. Terimakasih