Free Hit Counter
Berapa jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet - TribunLiputan
Berapa jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet - Image Source Freepik

Berapa jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet?

Berapa jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet?

Mungkin pertanyaan ini sudah menjadi kata kunci umum ketika seseorang baik pria maupun wanita yang sedang memiliki masalah obesitas / kegemukan. Yap kerisauan anda mudah terbaca ketika anda memasuki postingan artikel ini. Tapi anda tidak perlu kuatir dengan keadaan ini, kami akan mencoba untuk mengulas permasalahan diet anda ini. Sedangkan untuk bisa menjawab pertanyaan anda tentang ” jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet ” untuk itu sebaiknya anda baca dulu ulasan berikut ini :

Biasanya , pelaku diet sangat ketat dalam membatasi asupan makanan yang mereka konsumsi bahkan jika diet tanpa mengetahui ilmunya malahan akan berdampak negatif pada kesehatan Anda. Jika anda tidak tahu ilmunya maka diet yang terlalu ketat yang anda lakukan, bukannya membuat berat badan anda yang turun malahan akan menimbulkan penyakit lain yang bisa mengganggu kesehatan dan aktifitas anda sendiri. Untuk menurunkan berat badan ini, sebenarnya anda tidak perlu diet terlalu ketat, namun membutuhkan kedisiplinan dalam mengatur kalori yang dibutuhkan saat diet. Untuk diet yang sedang anda lakukan, anda tidak perlu memangkas semua kalori anda, yang anda butuhkan adalah memenuhi standar minimum kebutuhan kalori harian. Tentunya setiap orang berbeda-beda dalam jumlah pastinya, akan tetapi ada range / kisaran minimum kebutuhan kalori. Biasanya Untuk wanita dan pria memang berbeda standar minimumnya.

Kebutuhan minimal kalori yang dibutuhkan saat diet - TribunLiputan
Kebutuhan minimal kalori yang dibutuhkan saat diet – Image Source Freepik

Kebutuhan minimal kalori yang dibutuhkan saat diet

Dalam menjalankan proses diet ini, tentunya anda bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Akan tetapi kalorinya saja yang terbatas. Makanan Diet yang baik harus diperhitungkan kalorinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, makanan yang Anda makan akan aman dan efektif untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Makanan yang bisa menurunkan berat badan

Rata-rata pada orang berjenis kelamin wanita membutuhkan minimal 2.000 kalori per hari, sedangkan untuk seseorang berkelamin pria rata-rata membutuhkan 2.500 kalori per hari. Ada perbedaan jumlah kalori setiap kelamin pria maupun wanita. Dengan mengetahui jumlah minimal kalori yang dibutuhkan tubuh, maka Anda hanya membutuhkan 500 kalori per hari untuk menurunkan berat badan. Jikalau orang berjenis kelamin wanita membutuhkan 1500 kalori dan orang berjenis kelamin pria membutuhkan 2000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan dengan memangkas jumlah kalori sebesar 500 kalori per hari. Anda bisa kehilangan berat badan sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu.

Namun, dengan memotong jumlah 500 kalori sehari mungkin tidak cukup untuk menurunkan berat badan dengan segera / cepat. Sehingga banyak orang pelaku diet tidak mengetahui batasan minimal kalori yang dibutuhkan saat diet, terutama wanita, sangat membatasi asupan kalori mereka hingga kurang dari 1.500 kalori. Menurut ahli diet Dr. Michael Davenport, pada seseorang Wanita aktif membutuhkan setidaknya 1200-1400 kalori. per hari. Dengan berpedoman pada asupan kalori minimum ini anda dapat memastikan / mengatur pola makan dan jenis makanan apa saja yang dapat mencukupi kebutuhan kalori harian anda, sehingga tidak mengganggu meatabolisme tubuh anda.

Akan tetapi, jika Anda berolahraga secara aktif dan sering, Anda diharuskan untuk meningkatkan jumlah kalori yang Anda makan untuk mengimbangi kalori yang Anda bakar selama berolahraga, seperti di kutip dari Women’s Health, menurut Davenport.

Tapi ini merupakan angka perkiraan secara garis besar. Jikalau menginginkan perhitungan yang lebih rinci maka ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti usia Anda saat ini, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, dan kesehatan metabolisme. Sehingga untuk memperhitungkan kebutuhan kalori anda secara rinci, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi untuk menentukan jumlah minimum kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Anda dapat merencanakan diet penurunan berat badan dengan ahli gizi.

BACA JUGA  Berapakah Keperluan Kalori per Hari untuk Diet? Kenali Jawabnya

Apa yang terjadi jika kalori saya kurang dari minimum yang disarankan?

Berhati-hatilah saat Anda makan secara tidak sadar, konsumsi Anda mungkin kurang dari batas minimum yang disarankan. Sehingga keadaan Ini dapat menyebabkan pengurangan kalori harian yang parah. Asupan kalori yang sangat rendah biasanya berkisar antara 800 hingga 1.000 kalori per hari atau kurang.

Apa yang terjadi jika asupan kalori Anda terlalu rendah didalam kisaran kurang dari 1000 kalori selama 4 hingga 16 minggu, Anda akan mengalami efek samping ringan seperti:

  • Merasa Sembelit
  • Sering Mual
  • Mengalami Diare
  • Sering merasa Kelelahan

Sehingga dengan efek samping ringan seperti diatas, maka kami tekankan untuk anda memahami batas kalori yang dibutuhkan saat diet.  Selain itu Diet rendah kalori dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti batu empedu. Batu empedu bisa terjadi saat Anda menurunkan berat badan dengan cepat terutama sering terjadi pada orang berjenis kelamin perempuan. Akan tetapi,efek tersebut masih kurang jelas apakah mengikuti diet rendah kalori secara langsung menyebabkan batu empedu atau karena penurunan berat badan secara cepat.

Selain itu efek samping jika Anda mengonsumsi terlalu sedikit kalori per hari, maka tubuh Anda sendiri yang akan memecah jaringan otot tubuh bukan jaringan lemak sebagai sumber energi , tentunya kondisi ini pasti tidak baik untuk tubuh anda. Diet rendah kalori tidak dianjurkan untuk para remaja, ibu hamil dan menyusui. Karena dengan kondisi umur remaja dan wanita hamil dan menyusui tersebut sedang membutuhkan sangat banyak nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Tetapi dalam kenyataanya kebanyakan remaja melakukan diet dengan pola makan diet yang salah.

Tips mengurangi kalori dengan cara yang baik dan benar

Kalori merupakan sebagai sumber energi untuk kebutuhan tubuh dalam mendukung aktivitas sehari-hari Anda. Sehingga hal ini menjadi sangat penting dalam kecukupan jumlah kalori setiap hari. Bahkan dalam kondisi anda sedang melakukan program diet sekalipun.

BACA JUGA  Rekomendasi Deodorant untuk ketiak hitam dan bau

Setelah anda mengetahui kalori yang dibutuhkan saat diet, berikut ini adalah beberapa tips untuk orang yang ingin menurunkan berat badan akan tetapi tetap memenuhi kebutuhan kalorinya :

Konsumsilah dengan Makanan yang mengandung lebih banyak protein

Dengan mengkonsumsi Protein dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori. Tubuh membutuhkan banyak energi untuk memetabolisme protein. Karena itu, secara tidak langsung membakar kalori di dalam tubuh.

Kurangi Konsunsi Minuman Manis

Minuman bersoda, soda, jus buah, dll, dan minuman manis juga bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Kalori cair yang Anda dapatkan dari minuman manis berbeda dengan kalori padat dari makanan. Jadi jangan biarkan otak Anda tertipu karena terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda. Sehingga Ini membuat Anda merasa selalu lapar. Sehingga walaupun anda secara tidak sadar mengkonsumsi banyak kalori dari sumber kalori cair ini, anda akan terus mencoba untuk makan makanan lain.

Konsumsi Air putih yang banyak dan sering.

Dengan cara sering minum air putih yang rutin, Hal ini juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan anda. Karena dengan cara Minum air sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan makan menjadi lebih sedikit, dan selain itu dengan minum banyak air juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari.

Sebisa Mungkin untuk melakukan Olahraga secara teratur

Tentu saja, dengan melakukan olahraga dengan teratur dapat membantu Anda menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh Anda. Latihan beban juga penting karena dapat mengurangi hilangnya massa otot dan mencegah tubuh kehilangan tingkat metabolismenya.

Kurangi asupan karbohidrat

Karbohidrat dan gula olahan ini mengandung jumlah kalori yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa mengurangi asupan karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan dua hingga tiga kali lebih banyak daripada mengurangi asupan lemak. Sehingga dengan mengurangi asupan karbohidrat Anda dapat makan lebih sedikit karena nafsu makan Anda cenderung menurun.

Dengan adanya ulasan ” tentang kalori yang dibutuhkan saat diet ” diatas dapat membantu anda dalam menentukan batasan minimal asupan kalori ketika progam diet anda dilakukan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda, dan salam sukses Diet dan keep Sehat buat anda. Terimakasih