Free Hit Counter
Mitos atau Fakta Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat - TribunLiputan
Mitos atau Fakta Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat - Image Source Freepik-Jcomp

Mitos atau Fakta Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat

Mitos atau Fakta Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan. Namun juga dipercaya bermanfaat dalam mengobati jerawat. Katanya dengan cara mengoleskan bawang putih yang dihaluskan pada kulit yang berjerawat bisa menghilangkan jerawat dengan cepat. Ada pula pertanyaan yang masuk ‘ apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat ” ?. Benar kah? untuk menjawab mitos atau fakta pernyataan tersebut, mungkin alangkah baiknya kita kupas materi ini dengan tanya pada ahlinya alodokter. Berikut ini ulasan dari alodokter :

Jerawat bisa terjadi akibat peningkatan produksi minyak (sebum), yang merupakan penumpukan sel kulit mati. Atau infeksi bakteri pada folikel rambut serta faktor tertentu seperti perubahan hormonal, stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Efek samping obat juga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Munculnya jerawat dapat menyebabkan rasa sakit dan mungurangi rasa percaya diri kita. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang mencoba berbagai cara, termasuk beberapa cara pilihan yang bertujuan untuk mengatasi situasi ini. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan bawang putih yang dihaluskan ke area yang rawan / muncul jerawat.

Keamanan penggunaan bawang putih dalam terapi pengobatan jerawat.

Bawang putih merupakan bahan dapur yang banyak mengandung allicin. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antiseptik, dan penelitian telah menunjukkan bahwa allicin dapat membunuh berbagai macam bakteri. Salah satunya adalah penyebab jerawat

Bawang putih juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga dan seng . Komponen yang terkandung didalam bawang putih diketahui bermanfaat bagi kesehatan Anda. Termasuk kulit yang sehat

BACA JUGA  Macam Buah untuk Kesehatan Tubuh Kita

Namun bukan berarti bawang putih benar-benar efektif dan aman digunakan untuk mengobati jerawat, bahkan hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan keamanan dan efektivitas pengobatan jerawat dengan bawang putih.

Penggunaan bawang putih secara sembrono dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Menerapkan bawang putih langsung ke kulit dapat menyebabkan lecet, iritasi, dan dermatitis dari kontak kulit.

bawang putih bisa menghilangkan jerawat - TribunLiputan
Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat – Source Image Freepik-Jcomp

Cara aman dan sehat untuk menghilangkan jerawat

Sebagai gantinya, gunakan bawang putih, yang belum terbukti aman dan efektif. Ikuti tips di bawah ini untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit Anda:

  • Lakukan pembersihan wajah dua kali
  • Cuci muka dua kali sehari dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Gunakanlah tabir surya disertai dengan pelembab secara teratur.
  • Gunakan jenis gel atau krim yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, atau asam laktat. Hal ini dikenal untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi pembengkakan.
  • Makan makanan sehat.
  • latihan olahraga secara rutin
  • Mengatasi stres dengan baik
  • Jangan menyentuh atau mengeluarkan paksa jerawat (memencetnya)

Pada dasarnya bawang putih adalah makanan yang sehat. Konsumsi bawang putih setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan melancarkan sistem pencernaan

Padahal, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun perlu diingat bahwa bawang putih belum tentu aman untuk dioleskan dengan aman ke kulit secara langsung, terutana dalam proses perawatan jerawat. Seperti dijelaskan sebelumnya, keamanan dan efektivitas penggunaan bawang putih untuk mengobati jerawat belum terbukti secara meyakinkan.

Jadi, jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas jerawat, cobalah cara yang aman dan terbukti di atas.

BACA JUGA  Breylee Teeth Whitening powder apakah aman digunakan ?

Namun, jika cara di atas tidak bekerja dengan jerawat Anda atau jerawat anda masih mencintai wajah anda, atau mungkin malah membuat jerawat Anda meningkat. Maka segaralah untuk konsultasi ke Dokter kulit, sehingga dengan konsultasi tersebut dokter kulit akan segera memberikan perawatan yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Baiklah semoga pertanyaan anda ” apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat ” ini dapat menjawab kegalauan anda dalam menghadapi mitos ataupun fakta tentang jerawat yang berseliweran di internet. Sukses selalu untuk anda, Salam cantik dan Sehat dari kami, terimakasih