Free Hit Counter
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di pipi - TribunLiputan
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di pipi Source Image Florensia Sella - Youtube

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di pipi

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di pipi

Jerawat terkadang meninggalkan bekas hitam di kulit bahkan setelah jerawatnya hilang, jadi sepertinya Anda perlu tahu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi Anda. Karena lubang hitam ini bisa membuat frustasi dan tidak aman.

Lantas bagaimana cara cepat menyembuhkan bekas jerawat hitam di pipi? Menurut Healthline, cara terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi Anda adalah dengan mulai memahami alasan penyebabnya. Ketika jerawat muncul di kulit anda secara teorinya jerawat merupakan bentuk dari peradangan pada permukaan kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di pipi Anda - TribunLiputan
Cara menghilangkan bekas jerawat di pipi anda Source Image Kompasiana

Ketika kulit Anda pulih dan sel-sel kulit baru akan terbentuk, dan ada kemungkinan sel-sel yang dikirim untuk mengembalikan kehalusan kulit mengandung lebih banyak melanin. Nah Melanin ini adalah senyawa yang memberi corak warna pada kulit. Ketika beberapa sel mengandung lebih banyak melanin daripada yang lain sehingga hasilnya adalah warna kulit yang tidak rata. Ini disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Apa pun yang memperlama terjadinya peradangan pada kulit, seperti memencet jerawat hingga isi dalamnya keluar, dapat meningkatkan peluang Anda terkena hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Terutama pada orang berkulit gelap lebih rentan terhadap kondisi tersebut.

Tanda bintik hitam dari bekas luka

Mengobati hiperpigmentasi terkait jerawat berbeda dengan mengobati bekas jerawat. Bekas luka akan meninggalkan jaringan yang rusak. Menghilangkan bekas luka juga sulit sepenuhnya dilakukan. Meskipun begitu luka secara bertahap akan memudar seiring waktu, tetapi sering terlihat dan pada saat yang sama akan menyerap bintik-bintik gelap akibat jerawat di kulit Anda. Bintik-bintik gelap ini tidak menunjukkan kerusakan jangka panjang pada sel-sel kulit dan pori-pori. Ini mungkin memakan waktu lama tetapi seiring waktu, bintik hitam akan memudar dan akhirnya hilang sama sekali. Mungkin butuh waktu 3 bulan hingga 2 tahun untuk menghilang, tetapi ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat hitam di pipi dengan cepat.

BACA JUGA  Breylee Teeth Whitening powder apakah aman digunakan ?

Bahan Yang Digunakan

Jika Anda ingin mengobati hiperpigmentasi pasca-inflamasi, Anda bisa mulai dengan pengobatan rumahan secara tradisional denga bahan-bahan yang sering di jumpai di dapur rumah anda.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi anda di rumah:

1. Vitamin C

Jus lemon kaya akan vitamin C. Yang dapat memberikan warna kulit cerah dan merata Vitamin C telah terbukti menjadi bahan yang efektif untuk lingkaran hitam dan mengurangi produksi melanin.

2. Lidah buaya

Lidah Buaya ini dapat digunakan untuk mengobati komedo yang disebabkan oleh jerawat. Lidah buaya adalah obat yang sangat baik khusus untuk kulit Anda. Pada penelitian menggunakan hewan menunjukkan bahwa penggunaan lidah buaya secara terus-menerus menstabilkan kadar melanin dalam sel. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana efek ini.

3. Konsumsi Ekstrak biji anggur

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi selanjutnya adalah dengan menggunakan biji anggur. Ekstrak biji anggur adalah produk alami lain yang membantu memudarkan bintik hitam. Salah satu studi menemukan bahwa ekstrak biji anggur yang diminum selama 6 bulan bermanfaat bagi penderita melasma. Yang tampak seperti bintik hitam setelah infeksi

4. Perlindungan dari sinar matahari.

Sun protection atau tabir surya adalah cara lain untuk menghilangkan bekas jerawat di pipi. Dari penelitian ditemukan bahwa pengobatan bintik-bintik penuaan harus dimulai dengan penggunaan tabir surya secara teratur. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, baik cuaca mendung maupun lembab. Ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit Anda.

Baiklah semoga ulasan sederhana diatas dapat membantu anda dalam menemukan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi anda. Terimakasih

BACA JUGA  Produk Garnier untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam